Apa itu IMEI dan Bagaimana Cara Cek IMEI Handphone? Berikut Penjelasannya


Kokohpedia.com - Pada dasarnya, setiap merk ponsel mulai dari yang mahal hingga yang paling murah itu sudah memiliki nomor IMEI yang bersifat berbeda satu sama lainnya.

Akan tetapi, tak sedikit dari para pengguna ponsel yang cuek dengan keberadaan nomor IMEI tersebut lho.

Nah, setelah Kemenperin memberlakukan pemblokiran terhadap ponsel BM (black market), kini banyak penggunanya yang mulai mencari keberadaan nomor IMEI itu sendiri.

Terkait soal pemblokiran ponsel BM, akhir-akhir ini pun pemerintah masih disibukkan dengan aturan yang akan diterapkan nantinya, termasuk dalam menetapkan kapan regulasi baru tersebut mulai diterapkan.

Kendati pemblokiran ponsel BM di Indonesia ini masih sulit untuk dilakukan karena terkendala mentahnya aturan-turan yang akan ditetapkan, namun pemerintah akan terus berupaya untuk segera merealisasikannya.

Dengan begitu, para pengguna ponsel tidak akan merasa awam lagi terhadap regulasi baru pemerintah yang akan memblokir ponsel BM melalui nomor IMEI.

Manfaat Nomor IMEI Yang Harus Kalian Ketahui


1. Untuk Mengetahui Identitas Ponsel


Ketika kamu kebingungan untuk mencari tahu identitas hp melalui lewat mana, maka bisa memanfaatkan nomor IMEI tersebut yang tercantum pada ponselnya.

Dalam hal ini, ada cara cek IMEI handphone yang bisa kalian lakukan, silahkan kunjungi situs www.imei.info untuk mengecek identitas hp secara detail.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Desain Baju Gratis

2. Untuk Mengetahui Garansi


Selain dapat mengetahui identitas, keberadaan nomor IMEI tersebut juga berguna untuk mengetahui garansi dari ponselnya lho.

Dengan demikian, kamu pun bisa mengecek terlebih dulu apakah ponsel yang hendak kamu beli masih dalam kondisi baru atau second?

Ya, baik itu android maupun iPhone, kamu dapat mengecek sisa garansi ponselnya melalui situs resmi mereka.

3. Dapat Melacak Keberadaan HP Yang Hilang


Ini dia salah satu manfaat penting dari keberadaan nomor IMEI, karena ia dapat melacak keberadaan hp yang hilang.

Apabila selama ini kamu hanya mengandalkan aplikasi tertentu untuk melacak hp hilang, kini kamu bisa melacaknya melalui nomor IMEI.

Namun, untuk melakukan hal tersebut kamu harus menghubungi terlebih dulu pihak provider kartu SIM yang kamu gunakan, dan memintanya untuk memblokir ponsel yang hilang melalui nomor IMEI.

Itulah penjelasan terkait apa itu IMEI, manfaatnya dan juga cara cek IMEI handphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu ya.

Baca juga: 5 Film Romantis Terbaik Indonesia dengan Adegan yang Penuh Haru

0 Response to "Apa itu IMEI dan Bagaimana Cara Cek IMEI Handphone? Berikut Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel